28 Desember 2012

Membuat File PDF dari Office (Word, Excel, dll) dengan Fasilitas dari Microsoft

PDF (Portable Document Format) adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi. Pada Acrobat 3-D, kemampuan PDF juga meliputi pembacaan dokumen tiga dimensi. PDF telah menjadi standar ISO pada tanggal 1 Juli 2008 dengan kode ISO 32000-1:2008.

File yang disimpan dalam format PDF semuanya embeds dan mempertahankan semua aspek dalam dokumen tersebut. Dengan demikian, file dengan format PDF akan terlihat sama di komputer manapun tanpa memandang perbedaan sistem operasi, font, ataupun program. Kemampuan PDF dalam hal fleksbilitas inilah yang menjadi daya tarik dan kelebihan PDF.

Bagaimana cara membuat file dengan format PDF dari Microsoft Office?

Untuk membuat file berformat PDF dari sebuah dokumen yang berformat *.doc, *docx, *.xls, atau format lain yang dihasikan Office sebenarnya tidak terlalu susah.
Anda tinggal buka Google.com terus ketik kata kunci "Converter doc to pdf", klik Search. Setelah itu akan muncul segudang halaman yang menginformasikan software untuk mengkonversi format dari office menjadi PDF. Tinggal download, install, selesai.

Saya pernah mencoba salah satu aplikasi konverter gratis yang diunggah di internet. Beberapa dokumen yang memuat tabel, rumus matematika, dan tulisan arab saya konversi dengan aplikasi ini.

Apa yang terjadi? Dokumen-dokumen tersebut berhasil diubah menjadi file PDF, namun ketika dibuka isinya menjadi acak-acakan. Kerusakan paling parah saya temukan pada susunan huruf arab dan rumus matematika. Tentu saja ini masalah untuk saya.. Dan saya terus mencari dan mencari bagaimana caranya membuat file PDF untuk dokumen-dokumen saya tanpa harus mengalami kerusakan.

Beberapa bulan kemudian...

Akhirnya, ikhtiar yang saya lakukan membuahkan hasil. Tanggal 8 September 2006 Microsoft mengunggah Add-in: Microsoft Save as PDF or XPS. Add in ini gratis, tinggal download lalu install. Setelah itu, akan muncul tambahan pilihan menu saat menyimpan dokumen di semua aplikasi Office.


Pilihan format ketika menyimpan dokumen (1)

Pilihan format ketika menyimpan dokumen (2)


Beberapa dokumen yang memuat tulisan arab, tabel, dan rumus matematika saya "Save As" dengan format PDF. Setelah saya buka hasilnya, isi dokumen tetap utuh, tidak ada perubahan/kerusakan seperti percobaan pertama.

Untuk itulah saya merekomendasikan kepada para pembaca untuk mengikuti jejak sukses saya. Silahkan klik Microsoft Save as PDF or XPS untuk mencobanya. Terima Kasih :)

Sumber:

14 komentar:

  1. pake Nitro PRO 7, lebih praktis. Bisa juga untuk keperluan Bookmark. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih oke lagi pake Adobe Acrobat Reader Pro..bisa booklet segala :)

      Hapus
  2. Bagus,,, i like it mam... thanks.... sucses for us.. amien...

    BalasHapus
  3. terima kasih, anda telah membuat saya tidak malu huhuhu

    BalasHapus
  4. Kalo yg bisa bisa booklet cuma adobe pro doang ya gan ?

    BalasHapus
  5. thank's ya bang...informasinya sangat membantu
    like it !
    sukses selalu dan ditunggu informasi lainnya yang juga bermanfaat

    BalasHapus
  6. thank infonya coz ne sangt membantu, q pke' aplikasi malah ngawur tulisan arabnya

    BalasHapus